PENGARUH GAMES PEMBUKA DAN PENUTUP PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA

Anis , Anis Adelina (2012) PENGARUH GAMES PEMBUKA DAN PENUTUP PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Adelina.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan games pembuka dan penutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Margoyasan dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II, tahun ajaran 2011/2012 dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 34 siswa. Peneliti mengambil sampel dari populasi tersebut dengan teknik purposive sampling dengan mengambil kelas V secara langsung sebagai subyek penelitian populasi sehingga diperoleh kelompok kelas V yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA 16 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB 18 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Teknik analisis data menggunakan uji t antar kelompok menggunakan Independent Sampel Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan games pembuka dan penutup pelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelompok eksperimen. Hal ini dilihat pada hasil uji t sampel independen antar kelompok. Hasil motivasi belajar PKn sebelum perlakuan (pre-test) terlihat bahwa nilai t hitung = 1,629 < t tabel (5%, 32) = 2,037 atau nilai sig. = 0,113 > α = 5% Sedangkan untuk hasil post test motivasi belajar PKn setelah perlakuan terlihat bahwa nilai t hitung = 2,408 > t tabel (5%, 32) = 2,037 atau nilai sig. = 0,022 > α = 5% sehingga dikatakan motivasi belajar PKn setelah perlakuan menggunakan games pembuka dan penutup pelajaran antar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Kata kunci: games pembuka dan penutup pelajaran, motivasi belajar PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item View Item