PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB MA’ARIF MUNTILAN

Desi , Setyaningsih (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB MA’ARIF MUNTILAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -08103244027.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08103244027.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08103244027.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08103244027.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08103244027.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Ma’arif Muntilan melalui multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian adalah tiga siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Ma’arif Muntilan. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan berkolaborasi guru kelas. Setiap siklus terdiri dari lima pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan multimedia interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa tunagrahita ringan. Peningkatan pada siklus I yaitu subyek 1 sebesar 20% kemampuan awal 48% menjadi 68%; subyek 2 sebesar 16%, kemampuan awal 36% menjadi 52% dan subyek 3 sebesar 20%, kemampuan awal 44% menjadi 64%. Hasil siklus I perbaikan belum optimal dan belum memenuhi kriteria keberhasilan. Peningkatan pada siklus II yaitu subyek 1 sebesar 32%, kemampuan awal 48% menjadi 80%, subyek 2 sebesar 32%, kemampuan awal 36% menjadi 68% dan subyek 3 sebesar 28%, kemampuan awal 44% menjadi 72%. Peningkatan tersebut diperoleh dengan pengulangan siklus I ditambah materi fungsi, bahan, kuis 2 serta pemberian catatan, memberikan bimbingan berupa pendampingan individual dalam mengoperasikan multimedia interaktif, dan lebih fokus pada siswa yang lemah, serta menguatkan dengan pemberian catatan. Hasil siklus II memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 65%. Kata kunci: Prestasi Belajar IPS, Multimedia Interaktif, Siswa Tunagrahita Ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, Multimedia Interaktif, Siswa Tunagrahita Ringan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item