PENGAJARAN REMIDIAL DENGAN KARTU ANGKA DAN PUZZLE ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SIMBOL BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III SDLB DI SLB DAYA ANANDA KALASAN YOGYAKARTA

Siti , Sumaryasih (2012) PENGAJARAN REMIDIAL DENGAN KARTU ANGKA DAN PUZZLE ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SIMBOL BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III SDLB DI SLB DAYA ANANDA KALASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -08103249073.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08103249073.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08103249073.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08103249073.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08103249073.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan anak tunagrahita sedang Kelas III di SLB Daya Ananda Kalasan Yogyakarta dalam penguasaan simbol bilangan 1–10 menggunakan kartu angka dan puzzle angka. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang kelas III SDLB Daya Ananda sebanyak satu orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pengajaran remidial dapat meningkatkan penguasaaan simbol bilangan pada anak tunagrahita sedang kelas III SDLB di SLB Daya Ananda Kalasan. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang tes yang dicapai pada siklus I, yaitu dapat membilang angka 8 dengan runtut, dan dapat mengenal bilangan 7, 8 dengan tepat. Subjek dapat menulis simbol bilangan 6, 7, 8. Pada tindakan siklus II subjek dapat membilang angka 8 dan dapat mengenal bilangan 7, 8. Pada putaran ketiga siswa sudah bisa membilang angka 8, mengenal angka 7, 8 dan dapat menulis angka 6, 7, 8 tanpa menggunakan titik bantu. Kata kunci: pengajaran remidial, simbol bilangan, anak tunagrahita sedang

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengajaran remidial, simbol bilangan, anak tunagrahita sedang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 07:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9572

Actions (login required)

View Item View Item