IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI SEKOLAH GAJAHWONG UMBULHARJO YOGYAKARTA

Fauzi, Luqman (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI SEKOLAH GAJAHWONG UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_LUQMAN FAUZI_19102244015_PLS_V3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di Sekolah Gajahwong dan (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter anak usia dini di sekolah Gajahwong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian desktiptif. Subjek dalam penelitian ini adalah koordinator sekolah, edukator, volunteer dan orang tua siswa di Sekolah Gajahwong. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Implementasi pendidikan karakter anak usia dini di Sekolah gajahwong sudah cukup baik dan dilakukan melalui proses: a) Perencanaan dengan mengintegrasikan nilai-nilai yang sesuai dengan identifikasi lingkungan dan prinsip-prinsip yang dianut oleh sekolah ke dalam kurikulum kemudian digunakan sebagai pijakan untuk membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan dilanjutkan pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan anak beserta tahap perkembangannya. b) Pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, keteladanan serta pembiasaan dan c) Evaluasi melalui observasi harian, catatan anecdotal edukator, sharing fasilitator, parents meeting serta secara periodik saat raporan akhir semester. 2) Ditemukan juga beberapa faktor pendukung meliputi fasilitator yang berkompeten, volunteer yang berpengalaman, fasilitas sarana dan prasarana yang cukup memadai, koordinasi fasilitator dengan orangtua siswa, resource person dan masyarakat yang mendukung. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu karakteristik anak yang beragam, masalah atau emosi yang terbawa dari lingkungan anak, keterbatasan bantuan tenaga pendidik dan keterbatasan pendanaan. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah Gajahwong

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:06
Last Modified: 10 Jun 2024 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82308

Actions (login required)

View Item View Item