PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI MARGOYASAN

Triastuti, Ayu Siwi (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI MARGOYASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
TAS_Ayu Siwi Triastuti_20108244084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Margoyasan dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPAS siswa yang masih tergolong rendah apabila dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Margoyasan yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Margoyasan. Peningkatan hasil belajar tersebut dilihat dari ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotor pada setiap siklus. Adapun ketuntasan hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu sebesar 50% dengan nilai rata-rata 61,4 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 88,46% dengan nilai rata-rata 77,71. Sedangkan ketuntasan hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I aspek merangkum materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,65 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 2,75 dengan kategori baik dan aspek presentasi kelompok siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,29 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,13 dengan kategori baik. Kata Kunci : Hasil Belajar IPAS, Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:48
Last Modified: 06 Jun 2024 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82253

Actions (login required)

View Item View Item