Hubungan Panjang Lengan dan Kekuatan Otot Lengan Terhadapa Jarak Hasil Lemparan Menggunakan Bola Softball Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Salem Tahun Ajar 2020/2021

Zulhaq, Ihza Fariz (2024) Hubungan Panjang Lengan dan Kekuatan Otot Lengan Terhadapa Jarak Hasil Lemparan Menggunakan Bola Softball Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Salem Tahun Ajar 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ihza fariz zulhaq_22601244095.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesiapan guru PJOK tingkat SMP Negeri di Kabupaten Sleman dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dengan pengambilan data melalui kuesioner melalui google formulir. Populasi penelitian adalah guru PJOK SMP negeri se-Kabupaten Sleman dengan jumlah 87 guru dari 54 sekolah. Pengambilan data menggunakan teknik purporsive sampling dengan syarat kebersedian sampel mengisi angket kuesioner yang telah disiapkan, data yang diperoleh pada penelitian ini berjumlah 43 guru. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan 4 indikator, indikatorindikator tersebut antara lain: indikator 1 (pengetahuan umum tentang kurikulum merdeka) 6 butir soal, indikator 2 (kurikulum merdeka khusus mata pelajaran PJOK tingkat SMP) 7 butir soal, indikator 3 (penguasaan kurikulum merdeka) 7 butir soal, dan indikator 4 (implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran) 9 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dengan menggunakan kategorisasi jenjang. Hasil penelitian menunjukkan: guru dalam kategori sangat siap berjumlah 4 orang dengan persentase 9,30%, guru dengan kategori siap berjumlah 11 orang dengan persentase 25,58%, guru dengan kategori cukup siap berjumlah 14 orang dengan persentase 32,56%, guru dengan kategori tidak siap berjumlah 14 orang dengan persentase 32,56% dan tidak ada guru yang berada dalam kategori sangat tidak siap. Dengan demikian disarankan agar guru PJOK yang mengajar di SMP Negeri di Kabupaten Sleman memperbaharui kembali pengetahuan dan keterampilan tentang kurikulum merdeka dikarenakan masih banyak guru PJOK jenjang SMP Negeri di Kabupaten Sleman yang berada dalam kategori tidak siap.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kesiapan, guru PJOK, implementasi, kurikulum merdeka
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:36
Last Modified: 26 Mar 2024 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81511

Actions (login required)

View Item View Item