Makna Pendidikan Jasmani Bagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Perspektif Kurikulum Merdeka di SMKI dan SMSR Yogyakarta

Sari, Indra Nur Martika (2024) Makna Pendidikan Jasmani Bagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Perspektif Kurikulum Merdeka di SMKI dan SMSR Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_indra nur martika sari_20601244034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari pendidikan jasmani bagi guru pendidikan jasmani di sekolah seni SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) dan SMSR (Sekolah Menengah Seni Rupa) di daerah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang didukung dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan yang turut andil dalam penelitian ini tiga orang guru pendidikan jasmani yang mengajar di SMKI dan SMSR Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh protokol wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah mengelola data, membaca dan mencatat ide yang muncul, mengklasifikasikan kode ke dalam tema, mengembangkan interpretasi, serta mempresentasikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan pemaknaan yang berbeda berdasarkan pemaknaan dalam lingkup kategori Pendidikan Jasmani, Perubahan Kurikulum, Konsep Kurikulum Merdeka, Kesulitan atau Hambatan, dan Metode Pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hal ini berpengaruh pada munculnya treatment khusus yang diterapkan masing-masing guru Pendidikan Jasmani di sekolah yang berlatarbelakang seni yaitu pada SMKI dan SMSR Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Herka Maya Jatmika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, pendidikan jasmani, seni
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Mar 2024 09:06
Last Modified: 26 Mar 2024 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81469

Actions (login required)

View Item View Item