Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SDN Purworejo Sawungan Kapanewon Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Rahmalia, Zian Fitri (2024) Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SDN Purworejo Sawungan Kapanewon Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_zian fitri rahmalia_20604221031.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan motorik kasar peserta ekstrakurikuler bola voli di SDN Purworejo Sawungan, Kapanewon Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di SDN Purworejo Sawungan, Kapanewon Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes motor ability dari Nurhasan (2004, p. 6.6) dengan reliabilitas sebesar 0,93 dan validitasnya sebesar 0,87 yang terdiri dari empat tes yaitu: tes kelincahan dengan tes shuttle-run 4 x 10 meter, koordinasi dengan tes lempar tangkap bola jarak 1meter dengan tembok, keseimbangan dengan tes stork stand positional balance, dan kecepatan dengan tes lari cepat 30 meter. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli SDN Purworejo Sawungan yang berjumlah 47 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler bola voli SDN Purworejo Sawungan Kapanewon Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kategori “sangat baik” sebesar 10,6% (5 peserta didik), “baik” sebesar 21,3% (10 peserta didik), “cukup” sebesar 34,0% (16 peserta didik), “kurang” sebesar 27,7% (13 peserta didik), “sangat kurang” sebesar 6,4% (3 peserta didik).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: bola voli, ekstrakurikuler, kemampuan, motorik kasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:28
Last Modified: 22 Mar 2024 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81437

Actions (login required)

View Item View Item