Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Sauri, Muhammad Supian (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
6. 20712251051 _Muhammad Supian Sauri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang valid untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar. (2) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar. (3) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android terhadap peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development yang mengacu pada sepuluh langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba awal, 5) revisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk, 8) uji coba operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kec. Kelua. Data studi awal dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan data pengujian diperoleh dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek uji coba awal terdiri atas 15 siswa, uji coba utama terdiri atas 30 siswa, dan uji coba operasional terdiri atas 28 siswa. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji N-Gain, Independent Samples t Test, dan uji MANOVA dengan uji prasyarat uji normalitas multivariat dan uji homgenitas varian kovarian dengan taraf signifikansi 0,05%. Hasil dari penelitian ini berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang memuat materi sudut untuk kelas IV SD. Media tersebut layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi (kategori: sangat valid) dan ahli media (kategori: valid). Pada pemahaman konsep, hasil uji N-Gain menunjukkan skor 0,72 (kelas eksperimen) dan 0,16 (kelas kontrol). Ini berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana pemahaman konsep di kelas eksperimen lebih baik. Pada motivasi belajar, hasil uji N-Gain menunjukkan skor 0,70 (kelas eksperimen) dan 0,17 (kelas kontrol). Ini berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana motivasi belajar di kelas eksperimen lebih baik. Demikian juga hasil sample t-test yang menunjukkan kelas eskpresimen punya skor lebih tinggi. Sedangkan hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05, yang dapat diartikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar pada siswa kelas IV di Kec. Kelua.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: multimedia pembelajaran interaktif, pemahaman konsep, motivasi belajar, android
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 27 Feb 2024 01:58
Last Modified: 27 Feb 2024 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80974

Actions (login required)

View Item View Item