PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TARI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V SDLB DI SLB BINA SIWI PANJANGAN BANTUL

Tutik, Wahyundari (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TARI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V SDLB DI SLB BINA SIWI PANJANGAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 08103249067.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -.pdf

Download (45MB) | Preview
[img]
Preview
Text
~$cover -.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tari pada anak tunagrahita kategori ringan kelas V SDLB di SLB Bina Siwi Pajangan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah dua siswa kelas V SDLB tunagrahita kategori ringan. Pelaksanaan penelitian pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2011. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data kemudian mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran tari pada anak tunagrahita kategori ringan yang meliputi langkah-langkah pembelajaran dimulai dari menetapkan materi, tujuan, fasilitas pembelajaran, menentukan waktu dan tempat kegiatan serta pembuatan langkah-langkah pembelajaran. Materi pembelajaran tari Yapong meliputi gerakan kepala, gerak ukel tangan, gerak kaki, menyesuaikan gerak tari dengan irama dan melakukan gerakan sesuai aturan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran tari Yapong adalah metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Subjek DN dalam gerakan tangan masih kaku, gerakan kepala tidak stabil dan kurang berani menggerakkan badan. Dalam gerak ukel tangan tidak sempurna, dalam melangkah masih nggandul tetapi DN mempunyai semangat dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran tari. NE dalam menari lebih baik dari pada DN. NE dalam gerak ukel dan gerak kepala sudah luwes, namun bergerak masih ragu-ragu. DN dan NE dalam pembelajaran tari masih memerlukan bimbingan guru. Kata kunci: pembelajaran tari, tunagrahita.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tari, tunagrahita.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Dec 2012 02:42
Last Modified: 29 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8076

Actions (login required)

View Item View Item