Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Persepsi Motorik Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah

Winartin, Sartin (2024) Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Persepsi Motorik Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sartin winartin_21611251030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menghasilkan materi pembelajaran berbasis permainan yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, (2) mengetahui apakah materi pembelajaran berbasis permainan yang dikembangkan layak untuk digunakan, (3) untuk mengetahui apakah materi pembelajaran pendidikan jasmanu berbasis permainan yang akan dikembangkan efektif untuk meningkatkan perseptual motorik siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall, yang dimodifikasi menjadi 8 langkah pelaksanaan penelitian, yaitu: (1) kajian literatur & penelitian relevan, (2) studi pendahuluan (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final, dan (8) uji efektifitas produk. Uji coba skala kecil di lakukan di sekolah SD Negeri 5 Tongkuno dengan sampel 15 siswa dan uji coba skala besar dilakukan disekolah yang sama namun dengan jumlah yang lebih banyak dengan sampel 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), pedoman wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektifitas dan penilaian hasil belajar dan di uji melalui uji prasyarat yaitu 1) uji validasi, 2) uji reliabilitas, dan 3) uji efektifitas. Hasil penelitian berupa materi pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan untuk meningkatkan persepsi motorik siswa sekolah dasar kelas bawah. Materi yang dihasilkan berisikan 4 materi yang berbentuk permainan, yaitu: (1) permainan gacok berantai, (2) permainan kelereng berantai, (3) permainan ban berantai, (4) permainan coba jawab. Materi pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan disusun dalam bentuk buku pedoman yang berjudul “Materi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Persepsi Motorik Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa materi pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan untuk meningkatkan persepsi motorik siswa sekolah dasar kelas bawah yang telah dikembangkan penulis berkategori baik, layak dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan persepsi motorik siswa sekolah dasar kelas bawah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Widiyanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: materi pembelajaran, permainan persepsi motorik, Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:49
Last Modified: 29 Jan 2024 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80399

Actions (login required)

View Item View Item