Faktor Penentu Pencapaian Prestasi Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo

Etiana, Ivana Siti (2024) Faktor Penentu Pencapaian Prestasi Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ivana siti etiana_20601241018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu pencapaian prestasi ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler yang berjumlah 59 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 28 orang. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan kuisioner. Uji validitas dengan menggunakan pearson correlation dan uji reliabilitas menggunakan crombach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua faktor penentu pencapaian prestasi ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pelatih yang mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95,76%, peserta ekstrakurikuler yang mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95,31%, dan organisasi yang mendapatkan rata-rata persentase sebesar 93,75%. Sedangkan faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana yang mendapatkan rata-rata persentase sebesar 88,99%, kompetisi yang mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95,54%, dan lingkungan yang mendapatkan rata-rata persentase sebesar 93,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: bola voli, ekstrakurikuler, pencapaian prestasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:18
Last Modified: 13 Feb 2024 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80395

Actions (login required)

View Item View Item