Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di SMA Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung

Latifah, Tyas Annisatul (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di SMA Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_tyas annisatul latifah_20601241064.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam perencanaan, pembelajaran, dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 (dua) guru PJOK dan peserta didik kelas 10 enam yang berjumlah 3 (tiga) peserta didik dan kelas 12 satu yang berjumlah 3 (tiga) peserta didik yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 1 Candiroto tergolong berjalan dengan baik dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran sudah mengacu pada modul ajar yang disesuaikan dengan ATP, TP, dan CP Kurikulum Merdeka belajar. Pelaksanaan Pembelajaran memanfaatkan sarana dan prasarana serta menerapkan modivikasi dan variasi dalam pembelajaran. Hambatan dalam penerapan kurikulum merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran masih mengkombinasikan dengan kurikulum 2013 dalam hal gaya dan model pembelajaran, serta guru belum bisa menyesuaikan jam pmbelajaran sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:45
Last Modified: 29 Jan 2024 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80290

Actions (login required)

View Item View Item