Hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan VO2Max Siswa Kelas Jalur Prestasi Olahraga di SMA Negeri 2 Kebumen

Fuadi, Itmam (2024) Hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan VO2Max Siswa Kelas Jalur Prestasi Olahraga di SMA Negeri 2 Kebumen. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_itmam fuadi_18601241106.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan tingkat VO2Max pada siswa kelas jalur prestasi olahraga SMA Negeri 2 Kebumen. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan kelas XI jalur prestasi olahraga SMA Negeri 2 Kebumen yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria siswa jalur prestasi olahraga SMAN 2 Kebumen kelas X dan XI, sehat jasmani dan tidak dalam kondisi cedera, tidak dalam keadaan sakit saat pengambilan data, hadir pada saat pengambilan data. Jumlah sampel 45 siswa, yang terdiri atas 30 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen IMT menggunakan timbangan berat badan dan tinggi badan menggunakan stadiometer dan VO2Max menggunakan Multistage Fitnes Test. Teknik analisis data menggunakan analisis Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara IMT dengan tingkat VO2Max siswa kelas jalur prestasi olahraga SMA Negeri 2 Kebumen, dengan nilai r hitung -0,451 > r tabel 0,291 dan p-value 0,002 < 0,05. Koefisien korelasi bernilai negatif, berarti IMT semakin tinggi, maka tingkat VO2Max akan semakin menurun. Dapat disimpulkan bahwa IMT berhubungan dengan tingkat VO2Max siswa kelas jalur prestasi olahraga SMA Negeri 2 Kebumen.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Indah Prasetyawati Tri Purnama Sari, M.Or.
Uncontrolled Keywords: IMT, tingkat VO2Max, siswa kelas jalur prestasi olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:11
Last Modified: 29 Jan 2024 06:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80287

Actions (login required)

View Item View Item