Eksplorasi Kemampuan Numerasi Siswa Smp Negeri Akibat Learning Loss Pasca Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Item Respons Theory (IRT).

Kamal, Alan Rifqi and Rosnawati, Raden (2023) Eksplorasi Kemampuan Numerasi Siswa Smp Negeri Akibat Learning Loss Pasca Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Item Respons Theory (IRT). S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-alan rifqi kamal-21701251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konstruksi instrumen numerasi, dan instrumen learning loss, kualitas instrumen numerasi dan instrumen learning loss, kemampuan numerasi siswa SMP Negeri kelas VIII, learning loss akibat PJJ siswa SMP Negeri kelas VIII, dan pengaruh learning loss terhadap kemampuan numerasi siswa SMP Negeri kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sejumlah 599 siswa SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan ditetapkan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis validitas isi menggunakan Aiken’s V serta reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis karakteristik item menggunakan model Rasch/PCM. Keandalan instrumen tes kemampuan numerasi diestimasi melalui nilai Total Informasi Function dan Standard Error of Measurement. Evaluasi pengukuran menggunakan CFA dan evaluasi struktural menggunakan analisis Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kontruksi instrumen tes numerasi meliputi konten Aljabar, Bilangan, Geometri dan Pengukuran, serta Data dan Ketidakpastian dengan konteks personal, sosial budaya, dan saintifik dan level kognitif mencakup pemahaman, penerapa, dan penalaran. (2) Konstruksi instrumen angket learning loss meliputi aspek ekonomi keluarga, kualitas pembelajaran, dan dukungan sekolah. (3) Kualitas instrumen kemampuan numerasi dinyatakan valid dan reliabel, serta validitas konstruk sudah baik, dan karakteristik item memiliki tingkat kesulitan yang baik. (4) Kualitas instrumen larning loss dinyatakan valid dan reliabel, serta validitas konstruk sudah baik. (5) Kemampuan numerasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan secara keseluruhan dominan dasar dan secara gender menunjukkan dominan dasar. Siswa yang terpengaruh learning loss berdasarkan disparitas regional menunjukkan dominan tinggi. Terdapat kecocokan model structural learning loss terhadap kemampuan numerasi dengan nilai loading factor standardized solution lebih dari 0,3 dan RMSEA  0,08 dan CFI  0,09. Nilai loading factor standardized solution antara variable eksogenus dan endogenus, yaitu -0,614 yang memiliki arti terdapat hubungan negative yang sangat kuat serta terdapat pengaruh yang signifikan ditunjukkan melalui nilai p-value = 0,044 < 0,05 dan nilai −Zobs  −ZHitung dengan nilai −ZHitung = −1,96

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning loss, pembelajaran jarak jauh, kemampuan numerasi, Item Response Theory
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:06
Last Modified: 18 Jan 2024 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80215

Actions (login required)

View Item View Item