Strategi Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas

Priyambada, Ramzy Rais (2024) Strategi Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ramzy rais priyambada_21633251059.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan hasil analisis mengenai strategi yang digunakan dalam menghadapi tantangan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (studi kasus). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi langsung dan wawancara mendalam dengan guru PJOK dan peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan didukung alat bantu smartphone, catatan lapangan, kisi-kisi wawancara, catatan wawancara dan alat tulis. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data reduksi dengan kategorisasi dan pembanding. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi (i) Strategi guru dalam penglibatan teknologi dalam pembelajaran PJOK yaitu dengan mengikuti pelatihan guru, pengimplementasian pada model pembelajaran, pengimplementasian pada proses pembelajaran, penggunaan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. (ii) Strategi guru dalam kebermaknaan PJOK pada pembelajaran sepanjang hayat dalam penelitian ini yaitu melakukan pengorganisasian kelompok belajar yang fokus pada pembelajaran sikap dan efektif pada nilai-nilai P5, penggunaan variasi dalam mengemas proses pembelajaran, mengimplementasikan tutor sebaya dalam demonstrasi memberikan pengalaman praktik peserta didik, pengimplementasian penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (iii) Strategi yang diterapkan guru dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 6 Yogyakarta yakni guru PJOK berperan menjadi model pada pembelajaran (demonstrasi model), guru PJOK melakukan perencanaan proses pembelajaran yang tepat, guru memberikan perhatian individu pada peserta didik, guru PJOK dalam mengemas lingkungan belajar yang berkompetitif secara sehat dengan pendekatan joyfull learning. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan strategi guru yang digunakan untuk menghadapi tantangan baru pada implementasi kurikulum merdeka belajar pada jenjang sekolah menengah atas. Strategi pembelajaran yang dikemas oleh guru PJOK untuk menghadapi tantangan tersebut dilakukan menghasil variasi kegiatan pembelajaran yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka belajar, strategi guru, motivasi, implementasi, teknologi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:49
Last Modified: 22 Jan 2024 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80112

Actions (login required)

View Item View Item