IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Kurniawati, Hanifah Hana (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Hanifah Hana Kurniawati_19108244015_PGSD_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter gemar membaca pada gerakan literasi sekolah di SD Negeri Golo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, pustakawan, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan karakter gemar membaca pada gerakan literasi sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan meliputi adanya tujuan program, menyusun kegiatan literasi, menyusun SOP, menyusun jadwal pelaksanaan, membentuk tim literasi, dan menyediakan berbagai sarana prasarana. Pelaksanaan dilakukan pada tiga tahap yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Tahap pembiasaan meliputi membaca 15 menit sebelum pembelajaran, membangun lingkungan fisik sekolah kaya literasi, dan pelibatan publik. Tahap pengembangan meliputi membaca 15 menit sebelum pembelajaran disertai dengan tagihan non akademik, memberikan penghargaan kepada warga sekolah, kegiatan-kegiatan yang mendukung terciptanya budaya literasi, dan mengembangkan kemampuan literasi dengan membaca serta menonton film edukasi. Tahap pembelajaran meliputi membaca 15 menit sebelum pembelajaran disertai dengan tagihan akademik yang disesuaikan dengan kurikulum 2013, melaksanakan berbagai strategi untuk memahami teks dalam semua mata pelajaran, dan melaksanakan pembelajaran di lingkungan sekolah disertai dengan beragam bacaan. Belum adanya evaluasi yang dilakukan oleh sekolah terkait pelaksanaan gerakan literasi sekolah, namun ditemukan beberapa hambatan diantaranya kurangnya disiplin guru dalam melaksanakan kegiatan literasi, kurangnya pendampingan orang tua, dan keterbatasan waktu dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Karakter Gemar Membaca, Gerakan Literasi Sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:54
Last Modified: 15 Jan 2024 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80052

Actions (login required)

View Item View Item