PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS DI KELAS V SD NEGERI KRENGSENG 4 BATANG JAWA TENGAH

Kartika, Wilda Febri (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS DI KELAS V SD NEGERI KRENGSENG 4 BATANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Wilda Febri Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe make a match terhadap kemampuan representasi pada materi bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V di SD Negeri Krengseng 4 Kabupaten Batang Jawa Tengah. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental jenis nonequivalent control group. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Krengseng yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Krengseng 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri Krengseng 1 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan tes berupa soal essay kemampuan representasi matematis. Uji normalitas data menunjukkan data tidak normal sehingga penelitian ini merupakan penelitian non parametrik dan analisis data dilakukan dengan uji hipotesis wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe make a match berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai uji wilcoxon memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada kelas eksperimen, sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan pada hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model cooperative learning tipe make a match terhadap kemampuan representasi materi bangun ruang balok dan kubus di kelas V SD Negeri Krengseng 4. Kata Kunci: bangun ruang balok dan kubus, cooperative learning, kemampuan representasi, make a match, STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:43
Last Modified: 05 Jan 2024 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79909

Actions (login required)

View Item View Item