Tingkat Pemahaman Peserta Ekstrakurikuler Tentang Peraturan Terbaru Kategori Tanding Dalam Olahraga Beladiri Pencak Silat Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Geraldi, Alif Faisal (2024) Tingkat Pemahaman Peserta Ekstrakurikuler Tentang Peraturan Terbaru Kategori Tanding Dalam Olahraga Beladiri Pencak Silat Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_alif faisal geraldi_19601241015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta ekstrakurikuler pencak silat tentang peraturan terbaru kategori tanding dalam olahraga beladiri pencak silat di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data . Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler Pencak Silat SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berjumlah 16 peserta dengan 12 siswa putra dan 4 siswi putri. Teknik pengambilan data menggunakan teknik ku e sioner yang terdiri dari 38 pertanyaan tentang peraturan terbaru katagori tanding dalam olahraga beladiri Pencak Silat. Maka teknik sampel yang digunakan adalah total sampling atau mengambil keseluruhan populasi dikarenakan kurang dari 100. Instrument penelitian ini adalah tes berupa pertanyaan dengan jawaban “IYA” atau “TIDAK”. Analisis data pada penilitian ini adalah Compare mean (One Sample T-Test). Uji validitas instrumen sebesar 0,495 dan nilai uji reliabilitas instrument sebesar 0,720 maka instrumen dalam penelitian ini dinyatakan reliabel. Tingkat pemahaman dibagi menjadi 3 kategori (Larangan Pertandingan, Nilai Teknis, dan Wasit Pertandingan). Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: komponen tes keterampilan dasar pencak silat dengan kategori sangat tinggi 4 siswa dengan persentase (25%), kategori tinggi 9 siswa dengan persentase (56,3%), kategori sedang 2 siswa dengan persentase (12,5%), kategori rendah 1 siswa dengan persentase (6,3%), dan kategori sangat rendah 0 siswa dengan persentase (0%). Berdasarkan hasil nilai keseluruhan penelitian untuk peserta ekstrakurikuler pencak silat SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terhadap pemahaman peraturan terbaru pertandingan pencak silat kategori tanding sebesar 56,3%. Hasil persentase seluruh peserta sebesar 56,3% termasuk dalam kategori tinggitinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kategori tanding, pemahaman, peraturan pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:57
Last Modified: 17 Jan 2024 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79887

Actions (login required)

View Item View Item