Pengaruh Metode Latihan Small Sided Games dan Interval terhadap Daya Tahan Anaerobik dan Indeks Kelelahan Pemain Sepakbola U-17

Umam, Aji Khotibul (2023) Pengaruh Metode Latihan Small Sided Games dan Interval terhadap Daya Tahan Anaerobik dan Indeks Kelelahan Pemain Sepakbola U-17. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aji khotibul umam_20711251021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk 1) menganalisa pengaruh latihan small sided games terhadap daya tahan anaerobik dan indeks kelelahan pemain sepakbola U-17. 2) menganalisa pengaruh latihan interval terhadap daya tahan anaerobik dan indeks kelelahan pemain sepakbola U-17. 3) menganalisa efektivitas dan perbedaan pengaruh antara metode latihan small sided games dan interval terhadap peningkatan daya tahan anaerobik dan indeks kelelahan pemain U-17. Penelitian ini menggunaka pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Two Groups pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Akademi FC UNY U-17 yang berjumlah 56 siswa. Selanjutnya untuk sampel berjumlah 30 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data pada variabel Kapasitas Anaerobik menggunakan Tes Lari 300 meter dengan validitas 0,989 dan Reliabilitas 0,958. Serta instrumen pengumpulan data untuk Indeks Kelelahan menggunakan Running-based Anaerobic Sprint Test (RAST) dengan validitas 0,897 dan reliabilitas 0,919. Teknik analisis data untuk uji hipotesis menggunakan paired sample t test dan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada kelompok dengan metode latihan Small Sided Games terdapat pengaruh terhadap peningkatan daya tahan anaerobik (t hitung (9,595) ≥ t tabel (2,144)) dan penurunan indeks kelelahan (t hitung (5,241) ≥ t tabel (2,144)). Selain itu, pada kelompok dengan metode latihan Interval terdapat pengaruh terhadap peningkatan daya tahan anaerobik (t hitung (3,959) ≥ t tabel (2,144)) dan penurunan indeks kelelahan (t hitung (6,740) ≥ t tabel (2,144)). Disimpulkan bahwa, metode latihan Small Side Games dan Latihan Interval, keduanya memiliki pengaruh terhadap peningkatan daya tahan anaerobik dan penurunan indeks kelelahan pada pemain sepakbola U-17. Namun, dari metode latihan Small Sided Games dan latihan interval, secara efektivitas ditemukan perbedaan, yaitu untuk meningkatkan daya tahan anaerobik lebih efektif menggunakan program latihanSmall Sided Games, sedangkan untuk daya tahan (penurunan indeks kelelahan) lebih efektif menggunakan latihan Interval.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Small Sided Games, latihan interval, daya tahan anaerobik, indeks kelelahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:31
Last Modified: 14 Sep 2023 06:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78914

Actions (login required)

View Item View Item