Yumna, Nayli (2023) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Platform Video Animasi Digital Dalam Peningkatan Minat dan Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas IV SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_nayli yumna_19604224024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan minat belajar dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis platform video animasi digital dalam pembelajaran PJOK siswa kelas IV di SD Negeri Bakalan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Siswa kelas IV SD Negeri Bakalan merupakan subjek dalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) angket minat belajar awal dan akhir, (2) lembar pertanyaan wawancara, dan (3) soal tes pengetahuan terkait hasil belajar yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran dengan berbasis platform video animasi digital menghasilkan peningkatan minat belajar PJOK sebesar 4,68%, dengan kategori “sangat minat” sebesar 40,38% atau sebanyak 21 siswa, “minat” sebesar 48,08% atau sebanyak 25 siswa, dan “cukup minat” sebesar 11,54% atau sebanyak 6 siswa. (2) Penggunaan media pembelajaran berbasis platform video animasi digital menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 37,92%. Dengan kategori “tuntas” sebesar 88,46% (46 siswa) dan “tidak tuntas” sebesar 11,54% (6 siswa).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. |
Uncontrolled Keywords: | media penunjang pembelajaran, video animasi, minat, hasil belajar |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 04:04 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 04:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |