Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Kejujuran Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi

Djazari, Moh. and Sukidjo, Sukidjo (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Kejujuran Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-moh. djazari-13703261026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Penilaian Karakter Kejujuran Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menyusun langkah-langkah pengembangan Instrumen Penilaian Karakter kejujuran dalam Pembelajaran Akuntansi, (2) Mengembangkan Instrumen Penilaian Karakter kejujuran dalam Pembelajaran Akuntansi, dan (3) Menguji kualitas Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Kejujuran Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Subyek penelitian ini yakni siswa SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Yogyakarta yang terdiri atas 9 sekolah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yakni purposive random sampling. Pada tahap uji coba skala kecil jumlah siswa sebanyak 64 orang, sedangkan pada tahap uji coba skala luas jumlah siswa sebanyak 288 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan angket. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi menggunakan formula Aiken’s V, sedangkan validitas isi menggunakan analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA) reliabilitas diestimasi dengan menggunakan composite reliability. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif dan juga analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Berhasil Menyusun Instrumen penilaian karakter kejujuran dalam pembelajaran akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi dengan langkah-langkah pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) tentang instrumen kejujuran (2) 2. Instrumen Penilaian Karakter Kejujuran dalam Pembelajaran Akuntansi yang berwujud perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Jurnal Umum; materi; media, latihan soal, angket dan soal yang dapat mengukur Karakter Kejujuran dan Kemampuan Belajar Akuntansi. (3) Instrumen penilaian karakter kejujuran dalam pembelajaran ini relatif sangat baik untuk mengungkap kejujuran dan mengukur hasil belajar akuntansi. Dibuktikan dengan tingkat kejujuran siswa dalam kategori sangat jujur (52.3%); jujur (41.4%); dan cukup jujur (6.3%) dan hasil rata-rata nilai akuntansi dari 128 siswa-siswi SMK Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi adalah 78.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, karakter kejujuran, pembelajaran akuntansi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Manajemen
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:56
Last Modified: 06 Jul 2023 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78176

Actions (login required)

View Item View Item