Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Start-Up untuk Membentuk Sikap Kewirausahaan dan Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Keguruan.

Nafiati, Dewi Amaliah and Sukirno, Sukirno (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Start-Up untuk Membentuk Sikap Kewirausahaan dan Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Keguruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-dewi amaliah nafiati-19703261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran kewirausahaan start-up untuk membentuk sikap kewirausahaan dan meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa keguruan, (2) menguji kelayakan model pembelajaran yang dihasilkan tersebut, (3) menganalisis kepraktisan model pembelajaran yang dihasilkan tersebut, dan (4) menguji keefektifan model pembelajaran yang dihasilkan tersebut. Penelitian dilaksanakan berdasarkan metode research and development yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa keguruan di tiga perguruan tinggi swasta wilayah LLDIKTI 6 eks Karesidenan Pekalongan. Pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji coba terbatas dilaksanakan dengan one group pretest posttest design dan teknik analisis data menggunakan uji t. Uji coba diperluas dilaksanakan dengan pretest dan posttest control group design dan dianalisis menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran kewirausahaan start-up dirancang melalui penelitian pengembangan R & D dari Borg and Gall dengan prinsip 5E start-up. (2) Model pembelajaran kewirausahaan start-up divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media dan menghasilkan kelayakan dengan kategori tinggi. (3) Uji coba kepraktisan model pembelajaran kewirausahaan start-up menghasilkan sintaks pembelajaran praktis digunakan dengan kategori baik, sistem sosial praktis digunakan dengan kategori sangat baik, prinsip reaksi praktis digunakan dengan kategori baik, dan sistem pendukung praktis dilaksanakan dengan kategori sangat baik. (4) Uji efektivitas menunjukkan model pembelajaran kewirausahaan start- up efektif membentuk sikap kewirausahaan dan meningkatkan komunikasi interpersonal mahasiswa keguruan. Penelitian ini berimplikasi secara teoretis pada teori pendidikan kognitif sosial Albert Bandura dan konstruktivisme sosial Vygotsky serta berimplikasi praktis terhadap dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan pada perguruan tinggi swasta keguruan. Limitasi penelitian adalah pengukuran efektivitas membutuhkan proses pembiasaan dan latihan yang berkelanjutan, peningkatan kualitas produk yang dihasilkan mahasiswa, memaksimalkan pemanfaatan media sosial selain instagram dan facebook serta alat pembayaran, melibatkan praktisi dari dinas UMKM dan pendidikan sebagai validator.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: keguruan, kewirausahaan, komunikasi interpersonal, sikap, start-up
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:52
Last Modified: 22 Jun 2023 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78120

Actions (login required)

View Item View Item