Bintoro, Asung and Sofyan, Herminarto (2023) Implementasi Project-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Seyegan. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-asung bintoro-21702251033.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan dimensi bergotong royong, kemandirian, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran project-based learning (PjBL) sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka pada capaian pembelajaran pemeliharaan komponen otomotif berfokus pada materi pemeliharaan sistem pelumas pada mata pelajaran Dasar- Dasar Otomotif di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Seyegan dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini melibatkan satu orangkolaborator untuk membantu peneliti sebagai tim dalam pelaksanaan PjBL dan memonitor pada saat pembelajaran berlangsung. Perubahan dari tindakan berdasarkan hasil pengamatan kolaborator. Pengumpulan data melalui observasi dengan instrumen checklist, angket, test, dan rating scale. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PjBL dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan penguatan profil pelajar Pancasila sebagai berikut. (1) Peningkatan bergotong royong peserta didik menunjukkan pada siklus 1 sebesar 37,14% kategori tinggi, 28,57% kategori sedang, dan 34,28% kategori rendah. Sedangkan persentase bergotong royong pada siklus 2 sebesar 54,28% kategori tinggi, 20% kategori sedang, dan 25,71% kategori rendah. (2) Peningkatan kemandirian peserta didik menunjukkan pada siklus 1 sebesar 57,14% kategori tinggi, 17,14% kategori sedang dan 25,71% kategori rendah. Sedangkan persentase kemandirian pada siklus 2 sebesar 57,14% kategori tinggi, 31,42% kategori sedang, dan 11,42% kategori rendah. (3) Peningkatan kreativitas menunjukkan pada siklus 1 sebesar 25,71% kategori tinggi, 57,14% kategori sedang, dan 20% kategori rendah. Sedangkan persentase kreativitas pada siklus 2 sebesar 57,14% kategori tinggi, 28,57% kategori sedang, dan 14,28% kategori rendah. (4) Peningkatan kemampuan berpikir kritismenunjukkan pada siklus 1 sebesar 28,57% kategori tinggi, 51,42% kategori sedang, dan 20% kategori rendah. Sedangkan persentase kemampuan berpikir kritis siklus 2 sebesar 54,28% kategori tinggi, 28,57% kategori sedang, dan 17,14% kategori rendah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, penguatan profil pelajar Pancasila, PjBL |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 May 2023 01:47 |
Last Modified: | 10 May 2023 01:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77723 |
Actions (login required)
View Item |