PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN WEDOMARTANI

Dewi, Noveria Putri (2023) PENGARUH RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN WEDOMARTANI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Noveria Putri Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh resiliensi akademik terhadap hasil belajar matematika, 2) mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika, serta 3) mengetahui pengaruh resiliensi akademik dan self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri di Kelurahan Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta yang berjumlah 161 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 115 siswa yang ditentukan dengan teknik proportionate random sampling dan menggunakan rumus Yamane. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji validitas butir instrumen menggunakan Product Moment dari Karl Pearson. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji prasyarat penelitian, dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian meliputi uji normalitas, linearitas, homogenitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) resiliensi akademik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan variabel sebesar 61,2%, 2) self-regulated learning memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan variabel sebesar 51,8%, serta 3) resiliensi akademik dan self-regulated learning memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan variabel sebesar 69,5%. Kata kunci: resiliensi akademik, self-regulated learning, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:34
Last Modified: 06 Apr 2023 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77426

Actions (login required)

View Item View Item