Studi Kasus Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 3 Turi Kabupaten Sleman

Attiji, Fathulloh Adam (2023) Studi Kasus Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 3 Turi Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fathulloh adam attiji_16601244039.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 3 Turi. (2) Untuk mengetahui cara meningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi informsi dan komunikasi di SMP Negeri 3 Turi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan, jenis penelitiannya merupakan studi kasus, yang meneliti kemampuan guru dalam hal kompetensi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru PJOK dan 31 peserta didik di SMP Negeri 3 Turi. Pengumpulan data primer dilakukan melalui proses wawancara secara langsung terhadap guru PJOK, dan kuisioner dilakukan untuk pengumpulan data sekunder kepada peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan kuisioner dengan tipe pertanyaan tertutup. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan data primer dan sekunder. Data primer dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis data kritis. Data sekunder dilakukan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan indeks realibilitas. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru di SMP Negeri 3 Turi dalam pengetahuan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK masih cukup rendah dengan presentasi 55%. Faktor yang berpengaruh terhadap kompetensi guru PJOK dalam pemanfaatan media berbasis TIK adalah faktor kemampuan dalam melihat masalah, mencipatakan ide baru, dan sikap mau terbuka dalam perkembangan tekonologi. Pelaksanaan pembelajaran PJOK terhambat oleh kurangnya kesadaran peserta didik dan keterbatasan sarana prasarana peserta didik ketika menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi. Guru harus mampu memodifikasi pembelajaran, meskipun memiliki beberapa hambatan agar dapat menciptakan pembelajaran pendidikan PJOK berjalan lebih menarik dan inovatif.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: guru pendidikan jasmani, kompetensi, pemanfaatan TIK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:40
Last Modified: 31 Jan 2023 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76346

Actions (login required)

View Item View Item