Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter dalam Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang Kelas V Sekolah Dasar

Herfin Purnamawati, Herfin Purnamawati (2022) Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter dalam Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_herfin purnamawati_17712251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mencakup dua tujuan, yaitu: 1) mendeskripsikan muatan nilainilai karakter yang terkandung dalam modul literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar, 2) mendeskripsikan pemetaan letak nilai-nilai karakter pada modul literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis konten dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu modul belajar literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar kelas V. Objek penelitiannya yaitu nilai-nilai karakter. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan alat bantu lembar analisis berdasarkan kajian teori. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Data yang diperoleh dianalisis dengan pengumpulan data, penentuan sampling, perekaman atau pencatatan, reduksi, penarikan kesimpulan, dan narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Modul belajar literasi dan numerasi jenjang kelas V sekolah dasar tema 1 memuat nilai karakter a) religius terdiri atas subnilai karakter cinta damai, persahabatan, ketulusan, mencintai lingkungan, dan melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, dengan subnilai yang mendominasi adalah subnilai karakter melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, b) nasionalis terdiri atas subnilai karakter apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, cinta tanah air, taat hukum, disiplin, dan menghormati keragaman budaya, suku, dan agama, dengan subnilai yang mendominasi adalah subnilai karakter menjaga lingkungan, c) mandiri terdiri atas subnilai karakter etos kerja (kerja keras), kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat, dengan subnilai yang mendominasi adalah subnilai karakter keberanian, d) gotong royong terdiri atas subnilai karakter kerja sama, tolong-menolong, dan solidaritas, dengan subnilai yang mendominasi adalah subnilai karakter kerja sama, e) integritas terdiri atas subnilai karakter kejujuran, setia, keadilan, tanggung jawab, dan keteladanan, dengan subnilai yang mendominasi adalah subnilai karakter tanggung jawab, 2) pemetaan letak nilai karakter yaitu a) nilai karakter yang terdapat pada bagian petunjuk adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, dengan didominasi oleh nilai karakter religius, b) nilai karakter yang terdapat pada bagian wacana adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, dengan didominasi oleh nilai karakter nasionalis, c) nilai karakter yang terdapat pada bagian tugas adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, dengan didominasi oleh nilai karakter nasionalis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul literasi dan numerasi, nilai-nilai karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:50
Last Modified: 06 Dec 2022 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75501

Actions (login required)

View Item View Item