PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Abdurrahman, Zahida Afifah (2022) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Zahida Afifah Abdurrahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh kesiapan belajar terhadap disiplin belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa, serta pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto casual research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se- Gugus Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman tahun ajaran 2021/2022 populasi siswa yang berjumlah 162 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 115 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: kesiapan belajar berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh, motivasi belajar berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh, serta kesiapan belajar dan motivasi belajar secara bersama- sama berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,270 atau dapat diartikan 27% disiplin belajar dipengaruhi oleh kesiapan belajar dan motivasi belajar. Kata Kunci: Kesiapan belajar, motivasi belajar, dan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:35
Last Modified: 08 Nov 2022 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74983

Actions (login required)

View Item View Item