PENGARUH PEMBELIAN IMPULSIF TERHADAP PENYESALAN KONSUMEN PASCA PEMBELIANPADA MAHASISWA PENGGUNA ONLINE SHOP DI INSTAGRAM

Latifah, Aini (2022) PENGARUH PEMBELIAN IMPULSIF TERHADAP PENYESALAN KONSUMEN PASCA PEMBELIANPADA MAHASISWA PENGGUNA ONLINE SHOP DI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
10. Aini Latifah_17112144034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pengaruh pembelian impulsif terhadap penyesalan konsumen pasca pembelian pada mahasiswa konsumen online shopdi Instagram. Pengaruh pembelian impulsif terhadap penyesalan konsumen pascapembelian diuji secara keseluruhan dan untuk setiap dimensi, yaitu penyesalan karena alternatif yang tidak dipilih, penyesalan karena perubahan signifikansi, penyesalan karena kurangnya pertimbangan, dan penyesalan karena pertimbangan yang berlebihan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan 100 mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online. Pembelian impulsif diukur menggunakan Skala Pembelian Impulsif yang terdiri dari 19 item dan penyesalan konsumen pasca pembelian diukur menggunakan Skala Penyesalan Konsumen Pasca Pembelian yang terdiri dari 14 item. Analisis data dilakukan dengan analisis Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (PLS-SEM) menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pengaruh pembelian impulsif terhadap penyesalan konsumen pasca pembelian terbukti dengan indeks kriteria model fit sebesar 0,202 (Q2); 0,098 (SRMR); dan 0,706 (NFI). Pembelian impulsif berpengaruh terhadap setiap dimensi penyesalan konsumen pasca pembelian, yaitu dimensi penyesalankarena alternatif yang tidak dipilih (R2 = 0,044); dimensi penyesalan karena perubahan signifikansi (R 2 = 0,192); dimensi penyesalan karena kurangnya pertimbangan (R2 =0,035); dan dimensi penyesalan karena pertimbangan yang berlebihan (R2 = 0,058). Kata kunci: penyesalan pasca pembelian, pembelian impulsif, online shop, mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:14
Last Modified: 10 Aug 2022 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73826

Actions (login required)

View Item View Item