PENGGUNAAN MODUL PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA

Purnama, Mugi (2022) PENGGUNAAN MODUL PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Mugi Purnama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan modul pada pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Baciro Yogyakarta. Pemanfaatan modul dalam pembelajaran adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I sampai IV, kepala sekolah dan ketua komite. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dari subjek penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pada pelaksanaan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 dapat dilihat dari 3 aspek yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan guru membuat RPP khusus pembelajaran jarak jauh, membuat modul dan melakukan komunikasi dengan wali siswa menggunakan media sosial. Pada tahap pelaksanaan guru memantaua aktivitas belajar anak menggunakan perangkat online dan dengan bantuan wali siswa. Pada tahap evaluasi penilaian diambil dari pengerjaan tugas pada modul siswa, dan tindak lanjut diberikan dengan konsultasi pembelajaran serta komunikasi intensif antara wali kelas dengan wali siswa. Kata kunci : modul, pembelajaran jauh, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:12
Last Modified: 25 Feb 2022 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72496

Actions (login required)

View Item View Item