PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS I B SD MUHAMMADIYAH NOTOPRAJAN YOGYAKARTA

Isnaeni, Salsabila Putri (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS I B SD MUHAMMADIYAH NOTOPRAJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Salsabila Putri Isnaeni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum digunakannya media dalam proses pembelajaran luring dan permasalahan penggunaan PowerPoint sebagai media pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif yang layak dari aspek materi dan media sebagai media pendidikan tematik khususnya Tema 5 Pengalamanku Subtema 4 Pengalaman yang Berkesan Pembelajaran ke 5 untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (RnD) model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dikembangkan sampai tahap implementation. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas I B SD Muhammadiyah Notoprajan. Data diperoleh melalui wawancara, obeservasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan dikonversi menjadi data kualitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah multimedia interaktif Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5 yang layak digunakan untuk kelas I sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap perencanaan, penilaian validasi oleh ahli materi dan ahli media, penilaian guru, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Hasil validasi materi pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh skor rata-rata 3,8 dengan kategori “baik”, sedangkan muatan Matematika memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kategori “sangat baik”. Hasil penilaian ahli media memperoleh rata-rata 4,4 dengan kategori “sangat baik”. Hasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori “sangat baik” dan uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis iSpring tematik dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran kelas I sekolah dasar. Kata kunci: multimedia interaktif, iSpring, tematik, kelas I

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:46
Last Modified: 11 Jan 2022 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71784

Actions (login required)

View Item View Item