PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA

Muhammad, Ali (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ali Muhammad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan e-modul interaktif pembelajaran tematik subtema perubahan lingkungan untuk kelas V SD Negeri 1 Pengasih, dan 2) mengetahui kelayakan e-modul interaktif pembelajaran tematik subtema perubahan lingkungan untuk kelas V SD Negeri 1 Pengasih. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 3 dari 4 tahap yang terdapat pada model Four-D Model (4D). Tahap yang dilakukan oleh peneliti yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Subjek uji coba terbatas adalah 4 orang siswa kelas V di SD Negeri 1 Pengasih. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, angket, skala, sedangkan analisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Produk penelitian ini berupa bahan ajar e-modul interaktif subtema perubahan lingkungan. 2) Produk telah dinyatakan layak digunakan untuk kelas V SD melalui validasi ahli. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 3,86 dengan kriteria “baik”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,44 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji respon dari guru memperoleh skor rata- rata 4,92 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji respon siswa memperoleh skor rata-rata 4,94 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian bahan ajar e-modul interaktif pembelajaran tematik subtema perubahan lingkungan layak digunakan untuk pembelajaran kelas V sekolah dasar. Kata kunci: pengembangan e-modul interaktif, perubahan lingkungan, kelas V SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:29
Last Modified: 05 Jan 2022 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71697

Actions (login required)

View Item View Item