IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SD NEGERI 4 WATES KABUPATEN KULON PROGO

Fitriani, Maghfiroh Desi Nur (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SD NEGERI 4 WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Maghfiroh Desi Nur Fitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter kedisiplinan siswa di SD Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo. Implementasi pendidikan karakter kedisiplinan siswa dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, guru agama, siswa, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter kedisiplinan siswa SD Negeri 4 Wates dapat dilihat dari tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan cara memasukkan program- program sekolah ke dalam kurikulum sekolah. Pelaksanaan dengan mengintegrasikan karakter kedisiplinan ke dalam kegiatan pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Evaluasi yaitu keberhasilan implementasi, evaluasi, kendala, dan solusi mengatasi kendala. Kata kunci : karakter, implementasi pendidikan karakter, disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:18
Last Modified: 05 Jan 2022 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71693

Actions (login required)

View Item View Item