PENINGKATAN SIKAP PEDULI SOSIAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Kurniawan, Muhammad (2022) PENINGKATAN SIKAP PEDULI SOSIAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Muhammad Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli sosial melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Negeri Sumber Agung, Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini ada guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sumber Agung yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL), lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi peningkatan sikap peduli sosial, dan soal tes peduli sosial. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap peduli sosial. Upaya meningkatkan sikap peduli sosial melalui model Problem Based Learning (PBL) dilakukan dengan diberikannya masalah pada tahap orientasi, ketika terdapat siswa yang belum mampu menyelesaikannya maka temannya dapat membantu siswa tersebut. Pada akhir pembelajaran, siswa diberikan tes peduli sosial. Peningkatan peduli sosial dapat dilihat dari presentase pencapaian kriteria keberhasilan siswa pada pratindakan sebesar 14.3% menjadi 57.1% pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 42.8% dan pada siklus II presentase pencapaian kriteria keberhasilan siswa sebesar 95.2% sehingga mengalami peningkatan sebesar 38.1%. Kata kunci: peduli sosial, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 02:35
Last Modified: 03 Jan 2022 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71624

Actions (login required)

View Item View Item