Pramasyifa, Elina (2022) HUBUNGAN POLA ASUH OTORITATIF DENGAN DISIPLIN TATA TERTIB SISWA KELAS V SD NEGERI KUTAJAYA 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Elina Pramasyifa.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Setiap orang tua memiliki metode sendiri dalam mendidik anak untuk menjadikan manusia yang berguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoritatif dengan disiplin tata tertib siswa kelas V SD Negeri Kutajaya 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Kutajaya 2 sebanyak 180 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 124 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Instrumen pengumpulan data berupa skala pola asuh otoritatif dan skala disiplin tata tertib. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 40 siswa. Penelitian ini menggunakan uji validitas dengan teknik Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi sederhana. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh otoritatif dengan disiplin tata tertib siswa kelas V SD Negeri Kutajaya 2 yang dibuktikan dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,775 bernilai positif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Kata kunci : pola asuh otoritatif, disiplin tata tertib
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 00:58 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 00:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71617 |
Actions (login required)
View Item |