PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TRUTH OR DARE FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Putri Sakti, Afif Oktavia and Wiyatmo, Yusman (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TRUTH OR DARE FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AFIF OKTAVIA PUTRI SAKTI_16302241003.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media Kartu Truth Or Dare Fisika dengan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament dalam materi fluida dinamis yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi Fisika peserta didik, (2) mengetahui peningkatan minat belajar Fisika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pengembangan media Kartu Truth Or Dare Fisika, dan (3) mengetahui peningkatan penguasaan materi Fisika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pengembangan media Kartu Truth Or Dare Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan desain ADDIE Models yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Media pembelajaran Kartu TOD Fisika pada materi fluida dinamis yang dikembangkan di uji cobakan kepada 28 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Depok Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada validator ahli yaitu dosen pendidikan Fisika FMIPA UNY dan praktisi yaitu guru Fisika untuk menilai kelayakan produk media yang dikembangkan. Kelayakan media Kartu TOD Fisika dilihat dari rata-rata skor penilaian validator yang diubah menjadi kategori kualitatif. Peningkatan minat belajar peserta didik ditentukan berdasarkan skor minat belajar Fisika sebelum dan sesudah menggunakan media Kartu TOD Fisika, serta peningkatan penguasaan materi Fisika peserta didik berdasarkan hasil pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan standar gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media Kartu Truth Or Dare Fisika yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament dalam materi fluida dinamis untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi Fisika peserta didik, (2) media Kartu Truth Or Dare Fisika yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar Fisika peserta didik dengan skor standar gain sebesar 0,24 dengan kategori rendah, dan (3) media Kartu Truth Or Dare Fisika yang dikembangkan dapat meningkatkan penguasaan materi Fisika peserta didik dengan skor standar gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang. Kata kunci: Kartu Truth Or Dare, Teams Games Tournament, Fluida Dinamis, Minat Belajar, Penguasaan Materi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Dec 2021 08:26
Last Modified: 20 Dec 2021 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71548

Actions (login required)

View Item View Item