Pengembangan Bahan Ajar Pengenalan Diri Pada Anak Autis Dengan Teknik AAC (Augmentative Alternative Communication).

Muslikhah, Rakhma and Rudiyati, Sari (2020) Pengembangan Bahan Ajar Pengenalan Diri Pada Anak Autis Dengan Teknik AAC (Augmentative Alternative Communication). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rakhma muslikhah-17729251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan bahan ajar pengenalan diri yang layak digunakan anak autis dengan teknik AAC (Augmentative Alternative Communication). (2) menghasilkan bahan ajar pengenalan diri yang efektif digunakan anak autis dengan teknik AAC (Augmentative Alternative Communication). Proses penelitian pengembangan Bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Uji coba dilakukan dengan jumlah subjek delapan anak autis dengan dua anak sebagai subjek uji coba awal dan enam anak sebagai subjek implementasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan pengamatan kinerja subjek. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar layak dan efektif digunakan dalam aspek pengenalan diri bagi anak autis menggunakan teknik Augmentative Alternative Communication (AAC), hal ini ditunjukkan dengan hasil berikut: (1) Bahan ajar pengenalan diri yang layak digunakan untuk anak autis berdasarkan penilian ahli materi, media, dan guru. Hasil penilaian memperoleh skor pada kategori “baik” dengan penilaian skor dari ahli materi sebesar 64, skor yang diperoleh dari ahli media sebesar 70, dan skor dari penilaian guru sebesar 124. Bahan ajar yang dikembangkan dengan teknik AAC yaitu konteks ditampilkan menggunakan gambar untuk memudahkan anak autis memahami materi dari gambar tersebut. Hasil Protoype bahan ajar dirancang menggunakan aplikasi coreldrawX6 dan microsoft word2013 digunakan untuk penulisan keterangan teks. Bahan ajar pengenalan diri dibagi menjadi tiga materi yaitu mengenal identitas diri, cara berkomunikasi, dan mengenal ekspresi; (2) dihasilkan produk bahan ajar pengenalan diri yang efektif untuk anak autis menggunakan teknik AAC dengan skor peningkatan sebesar 44,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pengenalan diri, anak autis, Augmentative Alternative Communication (AAC).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:12
Last Modified: 08 Nov 2021 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71327

Actions (login required)

View Item View Item