PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN WAFA DI RA INSAN MULIA

Anita Trisna, Latifah (2021) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN WAFA DI RA INSAN MULIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_ANITA TRISNA LATIFAH_16111241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pembelajaran wafa di RA Insan Mulia dan bagaimana keterlibatan orang tua terhadap pembelajaran wafa. Pembelajaran wafa merupakan salah satu metode yang digunakan dalam mengajarkan Al Quran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi . Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu milles dan hubberman meliputi data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran wafa di RA Insan Mulia sangat baik. Pembelajaran wafa dianggap membantu siswa dalam membaca, menulis dan menghafal huruf hijaiyyah. Pembelajaran wafa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al Quran. Wujud keterlibatan orang tua dalam pembelajaran wafa adalah orang tua selalu mendampingi ananda dalam mengikuti pembelajaran wafa selama dirumah. Pembelajaran wafa juga dapat dilaksanakan dirumah karena metode wafa memiliki buku panduan yang dapat digunakan oleh orang tua dalam mendampingi ananda dalam belajar, khususnya selama masa pandemi Kata kunci: persepsi, orang tua, pembelajaran wafa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:41
Last Modified: 11 Jun 2021 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70719

Actions (login required)

View Item View Item