PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA, PRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP

Putri, Dini Arrum and Widjajanti, Djamilah Bondan (2020) PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA, PRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
fulltext_dini arrum putri_18709251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi, prestasi belajar, dan kecemasan matematika, serta untuk mengetahui metode pembelajaran mana yang lebih unggul ditinjau dari rata-rata skor kemampuan literasi, prestasi belajar, dan kecemasan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Dari delapan kelas yang ada dipilih secara acak dua kelas yaitu kelas VIII F dan kelas VIII G. Dari dua kelas yang dipilih tersebut, kemudian dilakukan pengundian sehingga diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes kemampuan literasi, prestasi belajar, dan angket kecemasan matematika. Validitas ditentukan oleh pertimbangan validator yang menyimpulkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Sementara, estimasi reliabilitas tes prestasi belajar, tes kemampuan literasi matematika dan angket kecemasan matematika yang dihitung menggunakan koefisien alpha (Alpha Cronbach) dalam penelitian ini reliabel. Untuk melihat pengaruh pembelajaran pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi, prestasi belajar, dan kecemasan matematika siswa digunakan uji statistik Multivariat Analysis of Variance (MANOVA). Sedangkan untuk melihat metode pembelajaran mana yang lebih unggul ditinjau dari rata-rata masing-masing variabel digunakan uji statistik Independent Sample T-test. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan prestasi belajar matematika siswa, namun tidak berpengaruh terhadap kecemasan matematika siswa. Lebih rinci, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelas dengan pendekatan multiple intelligences lebih unggul dibandingkan kelas tanpa pendekatan multiple intelligences ditinjau dari rata-rata kemampuan literasi dan prestasi belajar matematika siswa, namun kelas dengan pendekatan multiple intelligences tidak lebih unggul dibandingkan kelas tanpa pendekatan multiple intelligences ditinjau dari rata-rata kecemasan matematika siswa. Kata Kunci: pendekatan multiple intelligences, pembelajaran berbasis masalah, literasi matematika, prestasi belajar, kecemasan matematika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:51
Last Modified: 08 Jun 2021 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70700

Actions (login required)

View Item View Item