Pengembangan Model Penilaian Sejawat dan Penilaian Diri Berbasis Web dalam Keterampilan Menulis untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris.

Susilowati, Tintin and Nurgiantoro, Burhan (2020) Pengembangan Model Penilaian Sejawat dan Penilaian Diri Berbasis Web dalam Keterampilan Menulis untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-tintin susilowati-15705261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan model penilaian teman sejawat dan penilaian diri berbasis web dalam kelas Essay Writing bagi mahasiswa jurusan bahasa Inggris, (2) mendeskripsikan validasi internal dan eksternal dari model yang dikembangkan untuk melihat keakuratannya, (3) menunjukkani efektivitas dari model yang dikembangkan dengan mengaplikasikannya di lapangan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi Borg & Gall (1983) serta prinsip-prinsip pengembangan Web untuk pembelajaran (CEMCA, 2003). Terdapat empat tahapan utama yang dilakukan dalam penelitian ini yang terdiri atas: (1) melakukan analisis kebutuhan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran, (2) melakukan perencanaan dan pengembangan, (3) melakukan validasi produk, dan (4) mengevaluasi efektifitasproduk ketika diaplikasikan di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di tiga perguruan di Jawa Timur: IAIN Ponorogo, Universitas Madiun, dan IAIN Tulungagung. Subjek coba penelitian adalah 71 mahasiswa tahun kedua jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2017/2018. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara semi terstruktur, observasi, dan tes. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis tema dan kuantitatif menggunakan deskriptif statistik, uji beda dengan menggunakan independen sampel t-test dengan taraf signifikansi .05. Terdapat tiga temuan dalam penelitian ini. Pertama, penggunaan produk yang berupa web untuk pembelajaran online dapat menunjang mahasiswa agar memiliki kemampuan menulis lebih baik melalui proses yang fleksibel, interaktif, serta konstruktif dengan melibatkan penilaian sejawat dan penilaian diri. Penilaian sejawat membantu mahasiswa untuk mendapatkan penilaian komprehensif dan penilaian diri yang mendukung mahasiswa untuk melakukan refleksi terhadap kemampuan sebelumnya serta mendorong mahasiswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri. Kedua, model pengembangan ini berupa website, user manual, dan workbook, dan buku model tergolong baik menurut validasi ahli, serta evaluasi dosen dan mahasiswa. Ketiga, berdasarkan hasil perhitungan uji beda yang dilakukan pada kelompok kontrol dan eksperimen dengan menggunakan uji t-test sampel independen adalah .000 < .05, maka dapat disimpulkan bahwa model yang dikembangkan terbukti efektif untuk memperbaiki kemampuan menulis mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian sejawat, penilaian diri, pembelajaran online, web, keterampilan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:31
Last Modified: 31 May 2021 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70540

Actions (login required)

View Item View Item