Model Pembelajaran Masactive Reading untuk Mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Haryono, Purwo and Madya, Suwarsih (2020) Model Pembelajaran Masactive Reading untuk Mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
disertasi-purwo haryono-12705261001.pdf-ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran yang memanfaatkan adanya pengaruh konteks sosial yang dipadukan dengan pengaktifan pengetahuan awal/skema yang layak untuk mahasiswa program sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan (2) menguji keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan reading mahasiswa dalam memahami teks. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model Borg & Gall. Penelitian dilakukan di tiga perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah, yaitu Universitas Widya Dharma Klaten, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Subjek penelitian adalah mahasiswa tahun ke dua tahun akademik 2017/2018. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang mendukung pengembangan model pembelajaran Masactive Reading dianalisis dengan analisis deskriptif sedangkan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Masactive Reading digunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Masactive Reading untuk Mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan reading mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Hasil hitung rerata kelompok eksperimen lebih besar daripada rerata kelompok kontrol mahasiswa program sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dari dua perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Slamet Riyadi Surakarta dan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Masactive Reading yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan reading mahasiswa Program Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model masactive reading, konteks sosial, program sarjana, pendidikan bahasa Inggris.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:40
Last Modified: 29 Apr 2021 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70526

Actions (login required)

View Item View Item