FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SENAM LANTAI PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH GERSO KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Almahara, Ade (2020) FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SENAM LANTAI PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH GERSO KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADE ALMAHARA Scan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pembelajaran senam lantai peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Gerso Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif metode survai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setting penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Gerso Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang memiliki nilai di bawah KKM dengan populasi 28 peserta didik dan sampel 10 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik data kualitatif dari Mile dan Huberman, dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Gerso Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul dalam pembelajaran senam lantai meliputi: Faktor Internal (1) berat badan yang tidak ideal (berlebih), kelenturan tubuh peserta didik, perasaan deg-degan, malu, gerogi dan tidak percaya diri. (2) Faktor Eksternal: peserta didik kurang tertarik terhadap pembelajaran senam lantai, sarana dan prasarana masih kurang memadai,lingkungan yang kurang kondusif ketika pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: senam lantai
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Sep 2020 01:37
Last Modified: 21 Sep 2020 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68987

Actions (login required)

View Item View Item