Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD.

Hidhayah, Destyan Nurrul and Syamsudin, Amir (2020) Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul berbasis realistic mathematics education yang layak, dan (2) mengetahui efektivitas modul berbasis realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 langkah pengembangan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 10 siswa pada tahap uji coba lapangan awal, 60 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 92 siswa pada uji coba operasional yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, skala, dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Modul berbasis realistic mathematics education yanag dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Modul ini memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta penilaian guru dan siswa. (2) Modul yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat secara signifikan berdasarkan paired sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = 0,05. Kemampuan komunikasi matematis juga meningkat secara signifikan berdasarkan paired sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: realistic mathematics education, kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:47
Last Modified: 24 May 2021 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68585

Actions (login required)

View Item View Item