PENINGKATAN PEMAHAMAN LUAS SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN KEMBANGMALANG, PANJATAN, KULON PROGO

Christiani, Monita Cindy (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN LUAS SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN KEMBANGMALANG, PANJATAN, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Monita Cindy Christiani .pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman luas bangun datar segitiga pada siswa kelas IV SD Negeri Kembangmalang, Panjatan, Kulon Progo Tahun Ajaran 2019/2020 menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kembangmalang yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa putri dan 13 siswa putra. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Validasi instrumen dilakukan oleh ahli. Data yang dianalisis berupa tes hasil belajar dan aktivitas baik siswa maupun guru. Adapun kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu ≥75% siswa yang tuntas baik dari hasil belajar maupun aktivitas belajar. Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan pihak sekolah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan pemahaman luas bangun datar segitiga dilihat dari proses maupun hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kembangmalang, Panjatan, Kulon Progo. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan meningkatnya aktivitas guru dalam pembelajaran dari siklus I dengan persentase 85% meningkat menjadi 95% di siklus II. Sedangkan, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dari siklus I dengan persentase 74,4% meningkat menjadi 91% pada siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil tes terkait luas bangun datar segitiga dan permasalahan yang melibatkan luas bangun datar segitiga siklus I dan siklus II yaitu meningkat sebesar 18,6% yakni sebanyak 13 siswa yang tuntas pada siklus I dengan persentase 68,4% meningkat menjadi sebanyak 20 siswa yang tuntas dengan persentase 87% pada siklus II. Kata kunci: pemahaman, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:33
Last Modified: 23 Jun 2020 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68327

Actions (login required)

View Item View Item