Resepsi Sastra Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul terhadap Cerpen Remaja pada Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Minggu Pagi.

Yuniati, Siska and Nurgiyantoro, Burhan (2019) Resepsi Sastra Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul terhadap Cerpen Remaja pada Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Minggu Pagi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan resepsi siswa MTs di Kabupaten Bantul terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat dan Minggu Pagi berdasarkan aspek intelektual dan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental estetika resepsi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 128 siswa yang berasal dari MTsN 1 Bantul, MTsN 3 Bantul, MTsN 4 Bantul, MTs Al Falah, dan MTs Hasyim Asy’ari. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Instrumen pengumpulan data terdiri atas kuesioner resepsi berdasarkan aspek intelektual dan emosional. Validasi instrumen menggunakan validasi konstruk dengan expert judgment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan penghitungan menggunakan program aplikasi IBM SPSS versi 23.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, berdasarkan aspek intelektual, resepsi siswa Madrasah Tsanawiyah terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat berkategori tinggi (70,82%), sedang (15,62%), dan rendah (13,58%). Sementara itu, resepsi siswa terhadap cerpen remaja pada Minggu Pagi berkategori tinggi (49,62%), sedang (18,34%), dan rendah (32,04%). Kedua, berdasarkan aspek emosional, resepsi siswa madrasah terhadap cerpen remaja pada surat kabar Kedaulatan Rakyat berkategori tinggi (38,86%), sedang (20,28%), dan rendah (40,86%). Resepsi siswa terhadap cerpen remaja pada Minggu Pagi berkategori tinggi (49,62%), sedang (18,34%), dan rendah (32,04%). Ketiga, responden perempuan menunjukkan tingkat pemahaman lebih baik dibandingkan responden laki-laki, baik pada aspek intelektual, maupun emosional. Keempat, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kategori resepsi siswa dari madrasah negeri dengan siswa madrasah swasta. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul dapat memahami dengan baik unsur-unsur pembangun cerita serta struktur teks cerpen, bahasa, perwatakan tokoh, tema, serta konflik dalam cerpen. Sementara itu, sebagaian besar siswa kurang merasakan dampak emosi setelah membaca cerpen remaja pada kedua surat kabar tersebut. Siswa juga kurang merasakan ketegangan yang disajikan dalam cerpen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cerpen remaja, kedaulatan rakyat, madrasah, minggu pagi, resepsi siswa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:55
Last Modified: 12 Jun 2020 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68224

Actions (login required)

View Item View Item