Pengembangan Desain Ruang Kelas Untuk Fasilitasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Salatiga.

Nurendra, Ariza Chrisananda and Ismaniati, Christina (2019) Pengembangan Desain Ruang Kelas Untuk Fasilitasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Salatiga. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan desain ruang kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sekolah dasar terkait warna dinding kelas dan layout tempat duduk (2) memberikan gambaran keterfasilitasan belajar siswa di kelas rendah dan kelas tinggi dengan menggunakan desain yang dikembangkan. Penelitian pengembangan (R & D) ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan 441 siswa sekolah dasar di Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga sebagai sampel data. Untuk implementasi penelitian dilakukan di SDN Mangunsari 03 Salatiga dengan melibatkan 56 siswa sebagai subjek utama penelitian. Pengolahan data menggunakan Uji-t untuk melihat perbedaan yang terjadi pada sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas rendah (kelas 1-3) warna ungu menjadi warna favorit dengan 29% suara, 68 dari 235 siswa. Kluster menjadi layout favorit dengan 25% suara, 59 dari 235 siswa. Kombinasi warna dinding ungu dan layout kluster mengalami peningkatan keterfasilitaan belajar dengan selisih skor 10,73. (2) Untuk siswa kelas tinggi, warna biru muda menjadi warna favorit dengan 35% pilihan yang dipilih oleh 71 dari 206 siswa. Layout Kluster menjadi favorit dengan 29% yang dipilih oleh 59 dari 206 siswa. Kombinasi warna dinding biru muda dan layout kluster mengalami peningkatan keterfasilitan belajar dengan selisih skor 9,43.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Desain ruang kelas, warna, layout tempat duduk, lingkungan belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:51
Last Modified: 03 Mar 2020 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67771

Actions (login required)

View Item View Item