Pengembangan Media Online Learning Berbasis Facebook Group Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital.

Wiguna, Anak Agung Gede Puja and Surjono, Herman Dwi (2019) Pengembangan Media Online Learning Berbasis Facebook Group Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media online learning berbasis Facebook group pada pembelajaran jarak jauh, (2) mengetahui kelayakan media online learning berbasis Facebook group pada pembelajaran jarak jauh, (3) mengetahui efektivitas media online learning berbasis Facebook group pada pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan kemampuan literasi digital. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Slukat Learning Center, Keramas, Blahbatuh, Gianyar, Bali dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dari model Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga bagian utama: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Subyek uji coba produk dalam penelitian ini adalah 2 ahli media dan 2 ahli materi pada uji alpha, 6 orang siswa tingkat intermediate pada uji beta dan 25 siswa tingkat intermediate Yayasan Slukat Learning Center pada uji validitas keefektifan produk. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) produk yang dihasilkan dinilai sangat layak berdasarkan penilaian para ahli dan subyek uji coba, (2) produk memiliki karakteristik dapat memfasilitasi pembelajaran aspek-aspek literasi digital secara lebih menarik melalui platform Facebook group, tersusun atas beberapa jenis media yang aktifitasnya dapat dikontrol secara mandiri oleh siswa, dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui gadget, smartphone, dan laptop siswa; produk terbukti efektif dalam meningkatkan capaian hasil belajar pada materi aspek-aspek literasi digital, terbukti hasil sebelum diberikan perlakuan diperoleh skor total 70,08, kemudian setelah diberikan perlakuan memperoleh hasil 87,64 menunjukan terjadi peningkatan dengan selisih 17,56%. Sehingga media online learing berbasis facebook group pada pembelajaran jarak jauh layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Online Learning, Facebook group, Pembelajaran Jarak Jauh, Literasi Digital
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:39
Last Modified: 03 Mar 2020 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67769

Actions (login required)

View Item View Item