Pengaruh Model Pembalajaran Value Clarification Technique (VCT) dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Cinta Tanah Air Siswa SD Di Kecamatan Karangmoncol.

Dewantoro, Anantama and Sartono, E. Kus Eddy (2019) Pengaruh Model Pembalajaran Value Clarification Technique (VCT) dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Cinta Tanah Air Siswa SD Di Kecamatan Karangmoncol. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk mengetahui: 1) pengaruh model VCT terhadap pemahaman konsep dan sikap cinta tanah air siswa kelas IV SD; 2) pengaruh model TSTS terhadap pemahaman konsep dan sikap cinta tanah air siswa kelas IV SD; 3) pengaruh model VCT dan TSTS terhadap pemahaman konsep dan sikap cinta tanah air siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pola nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN di gugu Nusantara kecamatan Karangmoncol. Penentuan sampel penelitian menggunakan Teknik random sampling. Terpilih 3 SD di gugus Nusantara sebagai sampel penelitian. Pertimbanganya dikarenakan karakteristik siswa dan kualifikasi guru yang homogen, serta lokasi yang berdekatan. SDN 1 Karangsari menggunakan model VCT, SDN 1 Pepedan menggunakan model TSTS, sedangkan SDN 2 Baleraksa menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes pemahaman konsep yang berupa soal uraian dan angket sikap cinta tanah air. Uji hipotesis menggunakan uji univariat dan uji multivariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh model VCT terhadap pemahaman konsep dan sikap cinta tanah air siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansinya secara berurutan yaitu 0,002 dan 0,000; 2) terdapat pengaruh model TSTS terhadap pemahaman konsep dan sikap cinta tanah air siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansinya secara berurutan 0,004 dan 0,002; 3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran VCT dan TSTS, model pembelajaran VCT lebih signifikan terhadap sikap cinta tanah air, model pembelajaran TSTS lebih signifikan terhadap pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model VCT, model TSTS, pemahaman konsep, sikap cinta tanah air.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:12
Last Modified: 02 Mar 2020 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67750

Actions (login required)

View Item View Item