Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam Membangun Nilai Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar, Kabupaten Sleman, Provinsi D.I Yogyakarta.

Hidayat, Muhammad Rizqi and Suryono, Yoyon (2019) Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam Membangun Nilai Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar, Kabupaten Sleman, Provinsi D.I Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar, (2) Kandungan nilai karakter gotong royong pada ekstrakurikuler pramuka, (3) Faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membangun nilai karakter gotong royong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, Koordinator Pembina Pramuka, Pembina Pramuka dan Wali Murid. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu teknik Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (Display Data), dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dimulai dari tahapan Pertama, Perencanaan Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka yang terdiri dari Manajemen waktu, Tersedianya sarana dan prasarana, Tersedianya sumber daya manusia, Manajemen keuangan dan Minat siswa. Tahapan Kedua, Pelaksanaan pada proses pembelajaran yang terdiri dari Perencanaan program pembelajaran Pramuka (kurikulum), Metode yang diterapkan, Media yang digunakan, Kompetensi yang digali, Materi pembelajaran Pramuka yang memuat karakter gotong royong dan Evaluasi proses pembelajaran ekstrakurikuler Pramuka. Tahapan Ketiga, Evaluasi dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang terdiri dari Kontribusi Pramuka untuk sekolah dan Dukungan Wali murid. Terakhir, Tahapan Keempat, Output yang diharapkan dari nilai karakter gotong royong dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. (2) Kandungan nilai yang terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah nilai gotong royong yang memiliki butir-butir nilai seperti: Menghargai, Demokrasi, Toleransi, Empati, Musyawarah, Tolong menolong, Anti diskriminasi, Kerelawanan. Kegiatan yang dilakukan terdapat nilai karakter gotong royong di sekolah, melalui upacara bendera setiap senin, piket kebersihan di kelas, kegiatan senam sehat setiap Jumat dan kegiatan jumat bersih. (3) Faktor penghambat dalam penelitian di SD Negeri Deresan mengenai pembentukan nilai karakter gotong royong melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka ini yaitu Cuaca, Pembiayaan, Kurangnya ketersediaan media, Ketidakmampuan manajemen siswa selama pembelajaran, Lemahnya system penilaian (evaluasi) dan faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu Sarana Prasarana yang memadai dan Dukungan penuh orang tua.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka, Gotong Royong, Pendidikan Karakter, Proses Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 01:57
Last Modified: 21 Feb 2020 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67621

Actions (login required)

View Item View Item