PENGARUH MODEL LATIHAN “KEMP VINCENT RALLY TENNIS” TERHADAP TINGKAT KONSISTENSI PUKULAN GROUNDSTROKE TENIS LAPANGAN BAGI ANGGOTA UKM TENIS UNY

Ambarwati, Lia Dyah (2020) PENGARUH MODEL LATIHAN “KEMP VINCENT RALLY TENNIS” TERHADAP TINGKAT KONSISTENSI PUKULAN GROUNDSTROKE TENIS LAPANGAN BAGI ANGGOTA UKM TENIS UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
LIA DYAH AMBARWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model latihan “Kemp Vincent Rally Tennis” terhadap tingkat konsistensi pukulan groundstrokes tenis lapangan bagi anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tenis Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, metode penelitian eksperimen semu ini menggunakan metode one group pre test-post test design. Populasi dari penelitian ini adalah semua anggota UKM Tenis Lapangan UNY yang aktif mengikuti UKM Tenis dan bisa bermain tenis. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 anggota UKM tenis lapangan UNY yang tingkat konsistensi pukulan groundstrokes-nya masih rendah. Instrumen untuk tes yang digunakan adalah tes keterampilan tenis lapangan (Sport Skill Tennis Test) yang terdiri dari test forehand groundstroke dan test backhand groundstroke untuk mengukur tingkat konsistensi dengan melakukan pukulan groundstroke forehand dan backhand dengan mengarahkan pada target yang telah ditentukan. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired-t test, yaitu dengan maksud untuk membandingkan nilai rerata dari hasil pre test dan post test sebelum dan sesudah perlakuan dengan sampel yang sama. Sebelum uji paired-t test, terlebih dahulu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan latihan kemp vincent rally tennis, rata-rata skor groundstroke forehand maupun groundstroke backhand mengalami peningkatan, yaitu groundstroke forehand sebesar 2,29 dan groundstroke backhand sebesar 3,07. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model latihan “kemp vincent rally tennis” terhadap tingkat konsistensi pukulan groundstrokes tenis lapangan bagi anggota UKM Tenis UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Ngatman, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: groundstrokes, tenis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:37
Last Modified: 29 Jan 2020 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67315

Actions (login required)

View Item View Item